Indah's Blog

Rabu, 03 April 2013

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi


        A.  Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-hari

P
eranan teknologi informasi bagi aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan bisnis, memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada sturuktur operasi dan manajemen orgnisasi, pendidikan dan transportasi, kesehatan dan dunia kedokteran, penelitian, dan lain-lain.
            Perubahan-perubahan yang terjadi sebagai dampak perkembangan TIK, adalah sebagai berikut.
a.       Dalam dunia perbankan ditemukan kartu kredit, ATM, transaksi perbankan melalui internet, dan telepon seluler (HP).
b.      Dalam dunia bisnis telah memanfaatkan perangkat lunak seperti program aplikasi pengolah kata, pengolah angka, dan pengolah data, sehingga mengefisienkan waktu, menghemat tenaga, dan memaksimalkan hasil produksi.
c.       Teknologi informasi meluas hingga merambah dunia pendidikan.
d.      Pemerintah memanfaatkan teknologi informasi untuk menyimpan data dalam jumlah besar serta memanfaatkan sistem informasi untuk menghitung hasil perolehan suara ketika pemilu.
e.       Berkembangnya sistem komunikasi modern berupa voice-mail, faksimil, telepon seluler, pager (penyentara), e-mail, video conference (percakapan jarak jauh menggunakan kamera video), dan sebagainya.
2. Peranan TIK dalam Berbagai Bidang kehidupan
a.     Penerapan TIK dalam dunia pendidikan
            Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan telah mengalami perkembangan berarti. Hal ini terlihat dari aktivitas setiap siswa memiliki kesempatan untuk mengakses bahan-bahan pelajaran yang disajikan dalam bentuk interaksi melalui jaringan komputer.
            Pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi ini ternyata berhasil meningkatkan hasil ujian, penurunan tingkat ketidakhadiran di kelas.
b.     Penerapan TIK dalam dunia bisnis
            Teknologi informasi dan komunikasi mempunyai banyak keunggulan sebagai sumber  informasi dan sarana komunikasi. Sebagai sumber informasi, internet merupakan informasi yang tidak terbatas. Sebagai sarana komunikasi, internet, dan alat komunikasi lainnya dapat menyampaikan informasi dengan sangat cepat, menjangkau seluruh balahan dunia, dan tidak dibatasi oleh batas-batas hukum dan teritori sebuah nagara.
c.     Penerapan TIK dalam dunia perbankan
            Penerapan TIK dalam dunia perbankan adalah diterapkannya transaksi perbankan melalui fasilitas internet. Transaksi perbankan melalui internet, antara lain banking (e-banking), cyberbanking, virtual banking, home banking, dan online banking. Transaksi perbankan yang dapat dilakukan melalui internet, antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, informasi rekening, dan transaksi-transaksi lainnya.
d.     Penerapan TIK dalam dunia kesehatan
            Para juru medis biasanya menggunakan sistem berbaris kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit. Penerapan TIK dalam dunia kedokteran yaitu ditemukannya peralatan robot yang digunakan untuk membantu pembedahan dan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh.
e.    Penerapan TIK daam bidang pemerintah
            Manfaat TIK tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis saja, tetapi juga telah dirasakan dalam bidang pemerintah. Beberapa pemertintah daerah tingkat kabupaten/kotamadya dan pemerintah tingkat provinsi di Indonesia mulai memafaatkan TIK untuk menjalankan kegiatan-kegiatan pemerintahan. Di tingkat pusat, penggunaan TIK juga sudah dilakukan oleh beberapa departemen. Pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintah dikenal dengan istilah e-goverment atau egov (electronic government).
f.     Penerapan TIK dalam bidang sosial
            UNDP melalui program unggulan ICT4PR (Information and Communication Technology for Poverty Reduction) membangun pusat-pusat teknologi informasi dan komunikasi atau disebut juga telencer di enam provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Papua sebagai proyek percontohan. Telecenter yang dibangun di desa-desa yang dipilih menjadi sarana komunikasi dan sumber informasi untuk masyarakat setempat. Telecenter tersebut meberikan beberapa manfaat bagi masyarakat.