Indah's Blog

Selasa, 26 Maret 2013

Ekonomi



   A. Kegiatan Produksi

Produksi adalah kegiatan yang menciptakan, mengolah, mengupayakan pelayanan, menghasilkan barang dan jasa atau usaha untuk meningkatkan suatu benda agar menjadi lebih berguna bagi kebutuhan manusia. Orang atau badan yang mengolah, menciptakan, dan menghasilkan barang atau jasa disebut sebagai produsen.
Contoh kegiatan produksi:
a.    kegiatan ekstraktif
b.    kegiatan pertanian
c.    kegiatan industri
d.    kegiatan pertambangan
e.    kegiatan jasa.
Contoh kegiatan produksi adalah seperti membuat tas, pempek palembang, untuk dijual atau menawarkan jasa tukang cukur rambut di bawah pohon jamblang.


  • Faktor Produksi

Barang dan jasa akan terus mengalir, namun untuk memenuhi kebutuhan akan kedua hal itu akan selalu mempunyai batas. Hal ini dikarenakan proses produksi memerlukan sumber-sumber ekonomi, dan dari sebagian sumber-sumber ekonomi yang tersedia selalu terbatas jumlahnya.

Mansfield mengungkapkan, …, sumber daya adalah materi/ bahan atau jasa yang digunakan untuk menghasilkan barang-barang atau jasa-jasa yang dapat digunakan untuk memuaskan berbagai keinginan manusia… Seluruh sumber daya yang keberadaannya langka disebut sebagai sumber daya ekonomi… Tidak peduli sekaya apapun suatu masyarakat, dia tetap saja memiliki keterbatasan jumlah sumber dayanya.

Menurut Melotte dan Moore, sumber daya ekonomi merupakan sumber-sumber atau faktor-faktor produksi yang bersifat langka yang digunakan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan seoptimal mungkin.

John Jacson dan Campbell R. McConnell mengelompokkan faktor produksi ke dalam empat kategori: land, capital, labour, dan entrepreneurial ability atau enterprise.
ü 

    B. Kegiatan Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai, dan menghabiskan barang dan jasa atau dengan kata lain merupakan kegiatan mengurangi atau menghabiskan kegunaan suatu barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan hidup. Orang atau badan yang menggunakan barang dan jasa disebut sebagai konsumen.
Contoh kegiatan konsumsi:
a.    kegiatan makan, minum, berpakaian, dan berkendaraan
b.    kegiatan pertanian: penggunaan pupuk, obat-obatan anti hama
c.    pasien menggunakan jasa dokter.
Barang-barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut sebagai barang konsumsi. Barang-barang semacam ini dapat dibedakan menjadi dua macam:
1.    barang yang hanya dipakai sekali langsung habis
2.    barang yang dapat dipakai beberapa kali.

Dalam kehidupan sehari-hari, konsumsi seringkali dihubungkan pada masalah makanan dan minuman, sesungguhnya tidak sesempit itu pengertian konsumsi, mengendarai sepeda motor juga merupakan kegiatan konsumsi, karena akan mengurangi nilai guna sepeda motor.

Contoh dari kegiatan konsumsi antara lain: makan, minum, naik kendaraan umum, menonton film di bioskop.

Contoh kegiatan konsumsi adalah seperti makan di warteg, nyukur jenggot di tukang pangkas rambut, berobat ke dokter kandungan, beli combro dan misro untuk dimakan sendiri atau berame-rame, dsb.

Jenis kebutuhan manusia:
• Kebutuhan biologis untuk hidup
• Kebutuhan yang timbul dari budaya peradaban dan kebudayaan manusia itu sendiri
• Kebutuhan lain yang khas menurut masing-masing perorangan

B.2 Perilaku Konsumen

Dugaan-dugaan ilmu ekonomi yang dijadikan dasar pembahasan perilaku konsumen:

• Pendapatan konsumen tetap
• Barang-barang pemuas kebutuhan adanya terbatas
• Konsumen dengan pendapatan terbatas menghadapi suatu kenyataan bahwa harga barang-barang tidak pada titik nol
• Setiap orang mengetahui preferensi kebutuhannya dengan baik
• Konsumen dapat berperilaku rasional dalam melakukan konsumsinya
• Selera konsumen tetap

Perilaku konsumen sejalan dengan hukum permintaan yang berbunyi: Bila harga suatu barang naik maka jumlah barang yang diminta konsumen terhadap barang tersebut akan turun, sebaliknya bila harga barang tersebut turun maka jumlah barang yang diminta akan naik.
Hubungan antara Konsumsi, Produksi, dan Distribusi

Perbedaan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi dapat dilihat sebagai berikut ini.

kalau Produksi
(Pelaku Produsen)

1. Menghasilkan barang dan jasa.
2. Menciptakan kegiatan barang dan jasa.
3. Menambah manfaat atau kegunaan barang dan jasa.
4. Tujuannya menghasilkan laba.